Menggunakan
Teknologi Informasi dalam menjalankan perdangangam elektronik (E-Commerce)
Perdagangan
elektronik,yang disebut juga dengan e-commerce adalah penggunaan jaringan
komunikasi dan teknologi komputer sebagai medianya untuk melaksanakan proses
bisnis.Beberapa orang terkadang mendefinisikan perdagangan elektronik dengan
sangat sempit.Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi
transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok,yang
menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui internet.Definisi yang
sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintasi
batas perusahaan saja yang dapat dikasiikasikan sebagai e-commerce.Jika suatu
transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan,orang-orang ini akan
menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik.Membatasi transaksi
internal versus eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik
tidak akan menawarkan banyak bantuan,karena kebanyakan orang menganggap bisnis
elektronik dan perdagangan elektronik sebagai satu hal yang sama.
Kita akan melihat
pandangan luas e-comerce,yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi
internal maupun eksternal perusahaan.Dengan pandangan ini istilah bisnis
elektronik dan perdagangan elektronik akan
sama.Banyak operasi perusahaan adalah internal—dilaksanakan di dalam batas
perusahaan oleh bidang bisnis keuangan,sumber daya manusia,layanan
informasi,produksi,pemasaran,dan lain-lain.Bisnis telah mengalami penyebaran
secara fisik engan pabrik yang berlokasi diberbagai daerah,ataubahkan di
berbagai negara.Bidang bisnis itu sendiri juga bertindak sebagai pemasok atau
pelanggan ke bidang-bidang organisas yang lain.dalam definisi luas kita
ini,suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,sistem berbasis
komputer,dan antarmuka(interface) sebuah browser Web
akan memenuhi persyaratan dapat disebut sebagai perdagangan elektronik
(e-commerce)
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika
kita membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas
perusahaan.E-commerce bisnis-ke konsume (busines-to-consumer—B2C) mengacu pada
transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk;e-commrce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) mengacu pada
transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen
akhir.Sebagai contoh,dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke
toko eceran e konsumen,sluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang
lain adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan
konsumen,yang merupakan transaksi B2C.
Transaksi B2B
melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit,biasanya mereka yang berada di
dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang tepengaruh.orang-orang
yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan
sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh ole transaksi
tersebut.Karena transaksi tejadi antarbisnis,jumlah transaksi B2B dapat relatif
kecil tetapi dengan nilai yang cukup tinggi.Satu transaksi antara sebuah
produsen dn distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan
dolar.
Transaksi B2C
membutuhkan perbedaan desain yang mendasar.Konsumen mungkin tidak memiliki
keahlian dalam bidang teknologi informasi,sehingga situs web harus memberikan
instruksi dan bantuan.Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi
telepon yang lambat,jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perli dikurangi.Cara
pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2C(sistem B2B mendapatkan informasi
pembayaran dalam sistem yang terpisah dari sistem perdagangan elektronik).Semua
perbedaan ini digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C`memiliki waktu
download yang cepat,instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat di
isi dan dikurangi sebelum pebelian aktual dan metode utuk menyimpan profil
pengguna (alamat,nomor kartu kredit,dan semacamnya).
Layanan informasi
memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan
lingkungannya.Di masa lalu,konsumen bukan merupakan perhatian utama dari
layanan informasi;namun,konsumen menjadi semakin penting artinya dan akan
menjadi fokus utama bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang.Seluruh
antarmuka transaksi dari konsumen hingga pemasok hingga pemerintah dan pihak
lainnya terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat yang diharapkan dari
E-commerce
Perusahaan
melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara
keseluruhan.Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga
manfaat utama:
· Perbaikan layanan
pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
· Perbaikan hubungan
dengan pemasok dan komunitas keuangan
· Peningkatan imbal
hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
Kendala-kendala E-commerce
Dalam menerapkan e-commerce tentu ada
kendala-kendala yang biasanya ditemui,yaitu antara lain:
· Biaya-biaya yang
tinggi
· Kekhawatiran akan
masalah keamanan (akses data/informasi yang bersifat personal)
· Peranti lunak yang
belum mapan atau belum tersedia
Ruang lingkup E-commerce
E-commerce
bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya
beberapa bulan.E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari
15 persen setiap tahunnya selama beberapa tahun terakhir.Tingkat pertumbuhan
ini dapat mengalami perlambatan pada waktu tertentu,tetapi kemungkinan akan
terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang.
Jalan menuju E-Commerce
Ketika
sebuah perusahaan merasa baha manfaat yang diharapkan lebih bsar daripada biaya
dan memutuskan untuk mengiplementasikan e-commerce,perusahaan tesebut menyadari
baha implementasi yang akan dilakukan bisa bjadi merupakan suatu pekerjaan yang
besar.Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan
e-commerce guna meraih keunggulan komptitif.Perusahaan pertama-tama harus
memperoleh kecerdasan bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami
peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
Inteligensi Bisnis (Business
Intelligence)
Melaksanakan
e-commerce bukanlah suatu keputusan yang diambil tanpa pertama-tama meraih
pengetahuan terlebih dahulu tentang perusahaan dan hubungannya dengan para
pelanggan,pesaing,pemasok,dan pihak-pihhak eksternal lainnya.Inteligensi
bisnis (business intelligence—BI) adalah aktivitas pengumpulan
informasi meengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan
perusahaan.
Basis Data Eksternal
Perusahaan
tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri.Tersedia sejumlah
basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua
subjek.LEXIS-NEXIS memberikan informasi hukum,keuangan dan pemerintah dari
berbagai macam sumber.Untuk sejumlah biaya perusahaan tersebut akan memberikan
analisis atas informasi yang diminta.DowJones.com menawarkan berbagai jenis
informasi mengenai masalah-masalah keuangan.Perusahaan menggunakan berbagai
basis data seperti diatas untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih
cepat dan lebih murah daripada meneliti beragam jenis suber informasi.
Perusahaan
menjadi semakin condong untuik melakukan pencarian eksternal sendiri untuk
kecerdasan pasar.Pencarian eksternal telah dibantu oleh adanya fakta bahwa
semakin banhyak perusahaan memberikan informasinya sendiri di Web.Mesin-mesin
pencari adalah cara yang paling populer bagi seseorang untuk mendapatkan
informasi yang tersedia di Web.
Mesin Pencari
Suatu
mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang
menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.Program
ini kemudian mencari isi situs-situs Web di Internet untuk melihat apakah kata
atau kata-kata tersebut tedapat di situs-situs web tersebut.Sebagai contoh,kita
mungkin menggunakan mesin pencari untuk menemukan ketersediaan sebuah kamar
hotel.
Strategi E-Commerce dan Sistem
Interorganisasional
Kita
telah mengetahui bagaiman perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan
perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional
(interorganisasional system—IOS) sehingga semua perusahaan bekerja bersama
sebagai semua unit yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih
oleh setiap perusahaan.E-Commerce merupakan suatu hal yang fundameental bagi
sistem interorganisasional.Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman
merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang
menggunakan teknologi informasi untuk bersaing.
Manfaat IOS
Sekutu
dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat
merealisasikan dua manfaat penting: efisiensi komparati dan kekuatan
penawaran.
Efisiensi Komparatif, dengan bergabung
dalam IOS,para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat
efisiensi yang lebih tinggi dan,selanjutnya,memberikan barang dan jasa dengan
biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya.Hal ini memberikan para sekutu
di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya
· Efisiensi Internal
terdori atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri,sehingga
memungkinkan perusahaan mengumpilkan dan menganalisis data dengan cepat dan
mengambil keputusan dengan car yang lebih cepat lagi.
· Efisiensi
interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui
kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain.Perbaikan ini memungkinkan
perusahaan menawarkan lebih banyak produk dan jasa,melayani lebih banyak
pelanggan,memindahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu kepada pemasok dan
pelanggan,dan mengumpulkan data lingkungan dengan lebih mudah.
Kekuatan Penawaran kemampuan sebuah
perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan
pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan
penawaran (bargaining power).Kekuatan ini diambil dari tiga area dasar :
dengan menawarkan fitur-fitur produk yang unik,dengan mengurangi biaya-biaya
yang berhubungan dengan penelitian,serta meningkatkan biaya perpindahan.
Penambahan Persediaan oleh vendor adalah satu jenis IOS
khusus dimana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk
mengizinkannya mengakses sistem persediaan berbasis komputer yang
dimilikinya.Pemasok dapat memulai proses penambahan dengan secara elektronik
memonitor tingkat persediaan perusahaan.Hal ini mengharuskan perusahaan
memberikan akses basis data kepada pemasok.Sebagai perlindungan,perusahaan
dapat membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif
dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja,bukannya
keseluruhan sistem basis data perusahaan.
EDI
EDI
terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format
struktur yang dapat dibaca oleh mesin.meskipun EDI merupakan teknologi yang
lebih lama,iatetap penting karena memfasilitasi sebagian besar mayoritas
perdagangan B2B.Transmisi memungkinkan data dapat dipindahkan dan diterima
tanpa harus mengetik ulang.EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS.Lebih
dari dua pertigae-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI,jika
dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya EDI relatif lebih mahal
dan merepotkan daripada sistem komunikasi IOS yang lebih baru,namun walaupun
begitu EDI tetap merupakan metode yang terdepan.
Ekstranet
Ekstranet
(extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS.Cara ini memungkinkan
dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain
dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan
internet.Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan
pemasok-pemasok dan pelangan-pelanggan besar yang telah dipercaya.Keamanan dan
privasi mndapat perhatian yang serius,sehingga ekstranet biasanya diamankan di
balik suatu firewall.
Ekstranet
memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun juga menerapkan
protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi internet sehingga perusahaan
tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan peranti keras komunikasi yang lebih
mahalb terkait dengan EDI.Biaya peralatan untuk mebuat EDI bisa jadi lebih
besar daripada yang bersedia dibayarkan oleh perusahaan tersebut.Bagi
perusahaan yang menginginkan biaya rendah dan masih memiliki kecepatan
internet,ekstranet dapay menjadi solusi yang tepat.Ekstranet menggunakan
internet untuk komunikasi dan browser standar Web untuk menavigasi situs dan
bertukar data.Metode-metode enkripsi yang menjaga kerahasiaan pesan juga
sangatlah aman dan mudah untuk digunakan.
Pengaruh Penerapan
· Tekanan
kompetitif,ketika perusahaan berada di dalam suatu posisi yag buruk terhadap
para pesaingnya atau ketika asosiasi indutri atau perdagangan memberikn tekanan
yang kuat,perusahaan akan menerapkan IOS,seperti EDI,dengan cara yang reaktif.
· Penggunaan
Kekuasaan,ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota
yang lain,ia akan proaktif dalam penggunan IOS.
· Kebutuhan
Internal,ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah
satu cara dalam meningkatkan operasinya,perusahaan tersebut akan melakukan
pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.
· Dukungan manajemen
puncak,Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara
yang proaktif maupun reaktif,dukungan manajemen puncak selalu akan memengaruhi
keputusan.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
· Mengurangi kesalahan
· Menurunkan biaya
· Meningkatkan efisiensi
operasional
· Meningkatkan kemampuan
untuk nersaing
· Memperbaiki hubungan
dengan sekutu dagang
· Memperbaiki layanan
pelanggan
Strategi B2C untuk E-Commerce
Nilai
uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu
kecil.Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh
B2C.Jadi,meengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2C menjadi begitu
penting? Dua alasan adalah karena semakin banyaknya jumlah produkk dan jasa
yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang
mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan
Web.Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga
telah mebuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih
praktis.Kekhawatiran akan pencurian informasi,seperti informasi kartu
kredit,telah digantikan dengan penerimaan
Produk-produk Digital
Beberapa produk dan
jasa`tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet.Dunia hiburan
telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet.Contohnya
seperti lagu,album,film dan prodduk-produk serupa dapat dibeli melalui
situs-situs web seperti Sony (www.Sony.com). Jasa-jasa juga dapat dikirimkan
melalui internet,contohnya seperti Lending Tree (www.lendingtree.com) memungkinkan para
penggunanya mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka
melalui internet.Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital
dengan produk fisik melalui web bahwa produk digital dapat digunakan langsung
begitu selesai di-download.Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu akan
deengan seendirinya berpindah ke aset pembelinya.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik
tidak dapat dikonsumsi melalui web:sebagai gantinya harus dikirikan ke
pelanggan.Untuk itu adanya perusahaan-perusahaan pengiriman barang/surat
seperti FedEx dan UPS telah secara langsung membantu e-commerce
eceran.Perusahaan ini memberikan sejumlah metode pengiriman alternati dengan
harga yang berbeda-beda.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan
Maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah
perusahaan yang Tidak mngoperasikan tempat berjualan fisik atau dapat dikatakan
sebagai penjualan online.Dengan penjualan maya,tidak ada toko dimana pelanggan
dapat masuk membeli produk.Penjualan Campuran (hybrid sales) terjadi
ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana
pelanggan dapat membeli produk.Kedua strategi penjualan eceran ini perlu
menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan,mengatur pembayaran
pelanggan,dan menghasilkan pengiriman produk
Pemerintahan Elektronik
Pemerintah juga dapat
mengambil manfaat dari e-commerce.Contoh nyata yang dapat kita lihat seperti
pada Polk Country di Florida.Kantor pajak polk Country ini menggunakan layanan
online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.Dengan
penjualan sertifikat secara online.Polk Country dapat melelang sekitar 15.460
sertifikat,dan Ini memberikan lebih dari $12 juta bagi pendapatan daerah.E-commerce
dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah sama halnya seperti organisasi
publik dan swasta.
Langkah E-Commerce Berikutnya
Tantangan bagi
e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan:ia adalah teknologi
dibalik perdagangan.Banyak pelanggan merassa lebih nyaman menggunakan telpon
seluler daripada menggunakan keyboardkomputer.Kalangan pebisnis
selalu mencari koneksi nirkabel dimanapun tersedia layanan telpon seluler.
Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak
(mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telpon seluler dan asisten
digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce
nirkabel.Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan berita,transaksi/pengumuman
informasi keuangan,dan perbankan,dan pembelian tiket bioskop.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua Tempat
Sekarang hampir di
semua tempat kita dapat menemui jaringan nirkabel/hotspot untuk koneksi
internet.Hot spot internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan web untuk
umum maupun pribadi.Hotspot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu
koneksi kabel(untuk kecepatan komunikasi yang tinngi) dan kemudian dipancarkan
melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kuranglebih berjarak 100
meter dari poin akses tersebut.Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup
memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telpon seluler akan
memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir
disemua tempat.
Menggunakan Internet
E-commerce tidak akan
mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan
organisasi.Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969,ketika
pemerintah AS mmbuat suatu jaringan yang disebut ARPANET.Usaha-usaha yang
diawali ditahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai World
Wide Web.
World Wide Web
World Wide Web yang
disebut pula sebagai Web dan WWW,adalah informasi yang dapat diakses melalui
internet dimana dokumen-dokumenhypermedia (file-file komputer)
disimpan dan kemuian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan
alamat yang unik.World Wide Web juga bisa dikatakan sebagai kumpulan komputer
yang bertindak sebagai serverisi/kandungan yang menyipan
dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks,grafik,dan
audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan
dokumen-dokumen lain dialam web.
Cyberspace dan Superhighway Informasi
Dua istilah lain yang
juga dikaitkan dengan internet dan web—cyberspace dan superhighway (jalan
bebas hambatan super) informasi.Istilahcyberspace diperkenalkan
oleh William Gibson pada tahun 1984 untuk menggambarkan suatu masyarakat yang
telah menjadi budak teknologi.Kini,cyberspace berarti dunia
internet dan World Wide Web.Istilahsuperhighway informasi digunakan
dalam konteks yang sama,tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai
dampak akhirnya pada masyarakat.Istilah ini biasanya digunakan untuk
menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan akses atas sejumlah
informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.Pengguna yang menggunakan superhighway informasi
memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas
hambatan yang membutuhkan sebua kenaraan.Keduanya akan melibatkan biaya
pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.
Standar Internet
Salah satu alasan
utama mengapa Internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para
pengguna komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai
suatu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer apapun.Seorang
pengguna dengan PC Dell atau workstation Sun dapat mengambil
halaman Web yang sama seperti seorang pengguna dengan PowerBook Apple.Agar hal
ini mungkin dilakukan,setiap orang yang memberikan kontribusi pada internet dan
arsitektur web harus mengikuti aturan-aturan yang sama dan standar yang telah
ditentukan.
Aplikasi Bisnis Internet
Secara
sederhana,internet dapat digunakam untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan
komunikasi data,termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan
lingkungan.Pertumbuhan jumlah situs internet yang fenomenal telah menjadikan
internet sebagai sumber informasi yang tidak dapat diabaikan.Semua area
perusahaan dapat menggunakan internet,tetapi satu area yang penting
adalah manajemen rantai pasokan.Khususnya,manajemen rantai pasokan untuk
penyedia layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan
biaya untuk jasa-jasa medis.Aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu
tandingan yang baik bagi contoh B2B pada manajemen rantai pasokan.
Saran-saran Keberhasilan Penggunaan
Internet
ü Pastikan situs Web
anda kuat
ü Pastikan browser dan
struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
ü Menekankan isi
ü Sering diperbarui
ü Melihat di luar
pelanggan
ü Tunjukkan isi pada
kebutuhan spesifik pengguna
ü Menjadikan internet
intuitif
ü Berada di lokasi web
yang tepat
ü Ciptakan rasa
kebersamaan dengan pengguna
ü Carilah bantuan jika
anda membutuhkannya
0 komentar:
Posting Komentar